#SIP KOMPUTER DAN KOGNISI MANUSIA

1. Arsitektur Komputer

            Menurut Munazilin (2017) arsitektur komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit perasional dan interkoneksi antar komponen arsitektunya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut (karakteristik) sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set intruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan,mekanisme I/O.
            Menurut Suryana & Koesheryatin (2014) arsitektur komputer terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak. Salah satu elemen perangkat keras yang penting ialah komputer. Komputer akan digunakan sebagai sarana untuk mengendalikan sistem informasi berbasis komputer, yang merupakan salah satu bentuk aplikasi dari teknologi informasi.
            Menurut Irwanto, Djon (2007) arsitektur clien atau server ini paling banyak digunakan orang, namun arsitektur ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan arsitekttur two-tier yaitu:
·         Simple
Arsitektur two-tier sangat simple sehingga mudah untuk direalisasikan. Selain itu kesederhanaan juga membuat network ini mudah untuk dimaintaian tanpa melibatkan banyak proses administrasi
·         Centralized
Arsitektur two-tier client atau server adalah arsitektur terpusat. Dampak positif dari centralized ini adalah data dan software sistem terintegrasi tanpa redundansi.
Kekurangan two-tier
·         Low level robustness
Sifat centralized dari pola arsitektur ini tidak selamanya berdampak positif. Centralized juga memberikan dampak negatif, yakni bila server down atau crash, maka seluruh proses komputasi akan berhenti.
·         Waktu akses yang relatif tinggi
Apabila kapasitas server tidak memadai untuk memproses dengan segera request dari komputer client yang berjumlahh sangat banyak, maka waktu aksesnya relatif tinggi.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit perasional dan interkoneksi antar komponen arsitektunya, arsitektur terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Salah satu elemen perangkat keras yang penting ialah komputer. Komputer akan digunakan sebagai sarana untuk mengendalikan sistem informasi berbasis komputer, yang merupakan salah satu bentuk aplikasi dari teknologi informasi. Arsitektur komputer memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan arsitektur two-tier, yaitu simple, dan centralized. Kekurangan arsitektur two-tier, yaitu low level robustness, dan Waktu akses yang relatif tinggi.

Hasil gambar untuk arsitektur komputer

2     2.      Kognisi Manusia
          Sistem Kognisi Manusia ditinjau dari ssudut pandang perkembangan, adalah hasil dari rangkaian tahap-tahap perkembangan yang dimulai sejak tahun-tahun awal permulaan pertumbuhan pada tahap awal. Persepsi, memori, bahasa, dan proses berpikir kita dikendalikan oleh struktur genetik dasar yang kita warisi dan perubahan yang kita alami sebagai tanggapan terhadap permintaan lingkungan yang muncul dalam berbagai interaksi fisik dan sosial (Solso & Maclin, 2007).
            Menurut Phillips (2014) teori kognitif menggunakan pengetahuan tentang arsitektur kognitif manusia untuk menghasilkan prosedur pembelajaran, kognitif manusia didasarkan pada biologis dan evolusioner.

            Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kognisi manusia adalah rangkaian tahap-tahap perkembangan yang dimulai sejak tahun-tahun awal permulaan pertumbuhan pada tahap awal yang menghasilkan pembejalaran yang didasarkan pada biologis dan evolusioner.  

Hasil gambar untuk kognisi manusia dan arsitektur komputer

3    3.      Kaitan antara Arsitektur Koputer dengan Kognisi Manusia      
            Berdasarkan penjelasan diatas dapat dikaitan arsitektur komputer dengan kognisi manusia. Arsitektur komputer dengan kognisi manusia memiliki kesamaan dalam bentuk proses, yaitu memproses informasi yang masuk. Jika manusia memproses informasi melalui otak sedangkan arsitektur komputer melalui input.
            Menurut saya yang paling optimal adalah kognisi manusia, karena kognisi manusia ditinjau dari sudut pandang perkembangan dari rangkaian tahap-tahap perkembangan yang dimulai sejak tahun-tahun awal permulaan pertumbuhan pada tahap awal yang menghasilkan pembelajaran yang didasarkan pada biologis dan evolusioner.

Hasil gambar untuk kognisi manusia dan arsitektur komputer

Sumber
            Irwanto, Djon. 2007. Membangun Object Orient Software dengan Java dan Object Database. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
            Munazilin, Akhlis. 2017. Arsitektur Komputer. Yogyakarta: Deepublish.
            Phillips, D. C. (2014). Encyclopedia of educational theory and philosophy. USA: Sage Publications, Inc.
            Suryana, Koesheryatin. 2014. Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, & JavaScript. Jakarta: PT Elex Gramedia.
            Solso, R. L., Maclin, O. H., Maclin, M. K. 2007. Psikologi kognitif: edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Komentar

Postingan Populer