#SIP KOMPUTER DAN KOGNISI MANUSIA
1. Arsitektur Komputer
Menurut Munazilin
(2017) arsitektur komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit
perasional dan interkoneksi antar komponen arsitektunya. Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, teknologi memori, sistem
memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur Komputer lebih cenderung pada
kajian atribut-atribut (karakteristik) sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer. Contohnya, set intruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan,mekanisme I/O.
Menurut Suryana
& Koesheryatin (2014) arsitektur komputer terdiri atas perangkat keras dan
perangkat lunak. Salah satu elemen perangkat keras yang penting ialah komputer.
Komputer akan digunakan sebagai sarana untuk mengendalikan sistem informasi
berbasis komputer, yang merupakan salah satu bentuk aplikasi dari teknologi
informasi.
Menurut Irwanto,
Djon (2007) arsitektur clien atau server ini paling banyak digunakan
orang, namun arsitektur ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan arsitekttur two-tier yaitu:
·
Simple
Arsitektur
two-tier sangat simple sehingga mudah untuk direalisasikan. Selain itu
kesederhanaan juga membuat network ini mudah untuk dimaintaian tanpa melibatkan
banyak proses administrasi
·
Centralized
Arsitektur
two-tier client atau server adalah arsitektur terpusat. Dampak positif
dari centralized ini adalah data dan software sistem terintegrasi
tanpa redundansi.
Kekurangan two-tier
·
Low
level robustness
Sifat
centralized dari pola arsitektur ini tidak selamanya berdampak positif. Centralized
juga memberikan dampak negatif, yakni bila server down atau crash,
maka seluruh proses komputasi akan berhenti.
·
Waktu
akses yang relatif tinggi
Apabila
kapasitas server tidak memadai untuk memproses dengan segera request
dari komputer client yang berjumlahh sangat banyak, maka waktu aksesnya
relatif tinggi.
Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa arsitektur
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit perasional dan
interkoneksi antar komponen arsitektunya, arsitektur terdiri dari perangkat
keras dan perangkat lunak. Salah satu elemen perangkat keras yang penting ialah
komputer. Komputer akan digunakan sebagai sarana untuk mengendalikan sistem
informasi berbasis komputer, yang merupakan salah satu bentuk aplikasi dari
teknologi informasi. Arsitektur komputer memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan
arsitektur two-tier, yaitu simple, dan centralized. Kekurangan
arsitektur two-tier, yaitu low level robustness, dan Waktu akses
yang relatif tinggi.
2 2.
Kognisi Manusia
Sistem Kognisi
Manusia ditinjau dari ssudut pandang perkembangan, adalah hasil dari rangkaian
tahap-tahap perkembangan yang dimulai sejak tahun-tahun awal permulaan
pertumbuhan pada tahap awal. Persepsi, memori, bahasa, dan proses berpikir kita
dikendalikan oleh struktur genetik dasar yang kita warisi dan perubahan yang
kita alami sebagai tanggapan terhadap permintaan lingkungan yang muncul dalam
berbagai interaksi fisik dan sosial (Solso & Maclin, 2007).
Menurut Phillips
(2014) teori kognitif menggunakan pengetahuan tentang arsitektur kognitif
manusia untuk menghasilkan prosedur pembelajaran, kognitif manusia didasarkan
pada biologis dan evolusioner.
Berdasarkan penjelasan
diatas dapat disimpulkan bahwa kognisi manusia adalah rangkaian tahap-tahap
perkembangan yang dimulai sejak tahun-tahun awal permulaan pertumbuhan pada
tahap awal yang menghasilkan pembejalaran yang didasarkan pada biologis
dan evolusioner.
3 3.
Kaitan antara Arsitektur Koputer dengan Kognisi Manusia
Berdasarkan penjelasan
diatas dapat dikaitan arsitektur komputer dengan kognisi manusia. Arsitektur komputer
dengan kognisi manusia memiliki kesamaan dalam bentuk proses, yaitu memproses
informasi yang masuk. Jika manusia memproses informasi melalui otak sedangkan
arsitektur komputer melalui input.
Menurut saya yang
paling optimal adalah kognisi manusia, karena kognisi manusia ditinjau dari
sudut pandang perkembangan dari rangkaian tahap-tahap perkembangan yang dimulai
sejak tahun-tahun awal permulaan pertumbuhan pada tahap awal yang menghasilkan
pembelajaran yang didasarkan pada biologis dan evolusioner.
Sumber
Irwanto, Djon.
2007. Membangun Object Orient Software dengan Java dan Object Database. Jakarta:
PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Munazilin, Akhlis.
2017. Arsitektur Komputer. Yogyakarta: Deepublish.
Phillips,
D. C. (2014). Encyclopedia of educational
theory and philosophy. USA: Sage Publications, Inc.
Suryana,
Koesheryatin. 2014. Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, &
JavaScript. Jakarta: PT Elex Gramedia.
Solso, R. L., Maclin,
O. H., Maclin, M. K. 2007. Psikologi kognitif: edisi kedelapan.
Jakarta: Erlangga.
Komentar
Posting Komentar